BAB
I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR
BELAKANG PRAKERIN
Sejalan dengan
perkembangan pembangunan Bangsa Indonesia yang terus meningkat di segala
sector, untuk itu Negara kita terus memacu dan meningkatkan semua sumber daya
yang dimiliki untuk mendukung pembangunan, di antaranya sumber daya yang paling
penting adalah sumber daya manusia yang merupakan pelaksanaan pembangunan. Oleh
karena itu pemerintah berusaha meningkatkan kualitas sumber daya dengan
berbagai cara agar pembangunan di Negara kita dapat di tingkatkan.
Program pelatihan
PRAKERIN ini merupakan salah satu cara pemerintah meningkatkan kualitas sumber
daya manusia, khususnya para siswa dalam program ini sangat bermanfaat,
sehingga setelah lulus dapat menjadi tenaga kerja siap pakaiyang profesional
tingkat menengah.
1.2. Maksud
Dan Tujuan
1. Menghasilkan tenaga kerja
yang berkualitas dan memiliki keahlian profesional dengan tingkat pengetahuan
dan keterampilan kerja sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
2. Dapat mengetahui perbedaan
antara lingkungan Dunia Usaha/Industri dengan lingkungan Sekolah.
3. Meningkatkan efisiensi
proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas.
4. Memberikan pengalaman dan
penghargaan terhadap siswa akanpengalaman kerja sebagai bagian dari proses
pendidikan.
5. Mampu untuk mengamalkan
ilmu yang telah di dapat selama di bangku sekolah.
6. Memperoleh pengalaman
bekerja langsung di tempat kerja sesuai kompetensi dasar jurusan.
7. Memberikan kesempatan bagi
masyarakat dunia industri untuk turut serta berpartisipasi aktif memajukan
pendidikan anak bangsa demi masa depananak bangsa.
1.3. Manfaat
1. Manfaat Bagi Siswa
Manfaat Praktik Kerja
Industri bagi siswa yakni terbentuknya kemitraan selama mengikuti program
Praktek Kerja Industri itu sendiri, sehingga menjadi modal peluang dimasa depan
sebagai persiapan membangun karier dibidangnya.Selain itu juga sebagai media
penyalur ide, aspirasi, dan menunjukan prestasi pada perusahaan tempat
melaksanakan Praktek Kerja Industri.Manfaat yang bisa didapat juga sebagai
pengenalan, pemahaman, berbagai aspek suatu perusahaan, seperti: standar kerja,
budaya perusahaan, dan hal positif lainnya yang bermanfaat.
2. Manfaat Bagi Perusahaan
Manfaat Praktek Kerja
Industri bagi perusahaan adalah terbentuknya jaringan antara para siswa,
sekolah, dan perusahaan untuk maju dan saling sinergis dengan tujuan institusi
masing-masing. Serta sebagai media pertukaran informasi dibidang teknologi
dan aplikasi keilmuan antara perusahaan sebagai pengguna teknologi dengan
sekolah sebagai pengembang studi ilmu pengetahuan dan teknologi.
3. Manfaat Bagi Sekolah
Manfaat Praktek Kerja
Industri bagi sekolah adalah sebagai perwujudan program keterkaitan dan
kesepadanan antara sekolah dengan pihak industri. Juga sebagai umpan balik
penyempurnaan program Praktek Kerja Industri, sistem pembelajaran,
menyelaraskan kesepadanan dengan kebutuhan pemakai / pengguna lulusan
dengan sistem pembelajaran di Praktek Kerja Industri. Manfaat lainnya
yakni sebagai bahan referensi bagi pihak sekolah untuk menelaah efektivitas
program pembelajaran yang dijalankan kepada siswa.
BAB
II
PELAKSANAAN
KEGIATAN
A.
GAMBARAN
UMUM PERUSAHAAN
1 SEJARAH
PENDIRIAN PERUSAHAAN
PT.
CENDANA GIRI TEMANGGUNG adalah perusahaan yang bergerak
di bidang Penjualan, Perawatan, Suku cadang Sepeda Motor HONDA CV.
CENDANA GIRI TEMANGGUNG didirikan pada tanggal 20 bulan Maret tahun 2009, CV. CENDAN GIRI TEMANGGUNG merupakan cabang
dari CV. ASTRA HONDA, yang memiliki 7 orang mekanik dan 1 orang kepala mekanik.
Perusahaan
ini berorientasi pada kepuasan pelanggan, baik penjualan, perawatan, maupun
suku cadang, dengan memperhatikan dan mementingkan kualitas Motor HONDA yang
akan di perjualkan, kualitas servis yang baik, keaslian suku cadang dan
ketepatan waktu dalam pengiriman.
2 VISI MISI DAN MOTTO PERUSAHAAN
-
VISI
Memenuhi
kebutuhan sektor industri dalam hal pembuatan mesin-mesin produksi, serta
menyediakan jasa pembuatan dan perbaikan part dan kualitas yang baik, sehingga
dapat mengurangi ketergantungan terhadap produk-produk luar negeri.
-
MISI
memberikan
pelayanan pembuatan mesin maupun jasa
pembuatan part hingga perbaikan sparepart mesin produksi dengan mutu dan
kwalitas yang baik sehingga memberikan rasa puas dan kepercayaan dari pelanggan sehingga dapat terjalin kerjasama
yang baik.
Membauntu
pemerintah dalam menciiptakan lapangan kerja guna mengurangi tingkat
pengangguran.
-
MOTTO
Kepuasan
dan kepercayaan pelanggan Adalah
prioritas utama, senantiasa
meningkatkan mutu dan kualitas dari barang-barang yang dihasilkan di perusahaan
kami.
B.
URAIAN PELAKSANAAN PRAKTEK DI PERUSAHAAN
1.
Jenis – jenis kegiatan
Selama kegiatan
PRAKERIN yang kami laksanakan, kami mendapat bimbingan dari pembimbing di
perusahaan. Adapun jenis – jenis kegiatan nya sebagai berikut :
a. Pengecekan
Rem dan Lampu indicator
b. Pemeriksaan
Peredam Kejut
c. Pembersihan
Carburator
d. Penyetelan
Katup klep
e. Pemeriksaan
Sistim Kemudi
f. Penyetelan
Rantai
g. Pembersihan
Spark Plug (Busi)
h. Pembersihan
Filter Carburator
i. Penyetelan
Handle Gas
j. Penggantian Oli
k. Pengecekan
Baterai
l. Pengecekan
Settingan Carburator
m. Test Drive (Uji Coba
Jalan)
2. Alat – alat yang digunakan
1. Kunci pas 10 –
12
2. Kunci ring 14
– 17
3. Obeng +
/-
4. Obeng (-)
setting
5. Kunci shock 16
6. Tang
7. Tracker
8. Ratchet Handle
9. Kunci shock 17
10. Screwdriver Pounding(Obeng
Ketok)
11. Puller
12. Kunci T8
13. Kunci T10
14. Kunci T12
15. Kunci L5
16. Kunci L4
17. Adjuster(Penahan)
18. Kunci Ring 8-10
19. Tang Jepit
20. Palu
1.
Langkah – langkah kegiatan
A. TUNE
UP
adalah kegiatan
mengembalikan kinerja mesin ke seperti
semula.
Pada uraian ini, saya
akan menguraikan cara tune up sepeda motor Satria F. Pada uraian ini kegiatan
saya batasi hanya membahas cara penyervisan dari awal hingga akhir pada sepeda
motor Satria F. Adapun langkah – langkah cara penyervisan sepeda motor Satria
F, adalah sebagai berikut :
1. Pengecekan Rem
dan Lampu indicator
Untuk pengecekan rem, cek rem depan dan belakang.
Untuk pengecekan rem depan tekan handle rem depan,apakah pengereman rem depan
masih kuat atau lemah. Untuk rem belakang,injak dengan kaki pedal
rem belakang apakah rem belakang masih dalam keadaan baik atau tidak.
2. Pemeriksaan
Peredam Kejut
Memeriksa
suspensi
ð Periksa
suspensi belakang dan depan denagan cara menggoyangkan motor kedepan, ke
belakang, ke atas, dan ke bawah. Periksa kemungkinan adanya kebengkokan
dan kebocoran oli pada peredam kejut.
3. Pembersihan
Carburator
Buka carburator dengan
obeng (+), lalu lepaskan komponen-komponen yang ada
pada carburator,meliputi:
ð Pilot jet
ð Main jet
ð Needle jet
ð Float
(pelampung)
ð Katup
pelampung
ð Pilot air
screw
ð Mangkok
pelampung
ð Pin
pelampung
Kemudian bersihkan
masing-masing komponen tersebut dengan bensin dan air compressor, lalu
pasang kembali seperti semula.
4. Penyetelan
Katup klep
Buka tutup
klep, lalu atur klep dengan menggunakan adjuster (penahan) dan kunci ring
8-10
5. Pemeriksaan
Sistim Kemudi
ð Pemeriksaan
kemudi / steering
Periksa kemudi /
steering head pegang dengan kuat bagian bawah fork, da goyangkan
kedepan dan kebelakang , kemudian setel kemudi dengan cara :
- Kendorkan
mur bagian atas
- Atur
kekencangan mur bagian bawah
- Kencangkan
sesuai spesifikasi
6. Penyetelan
Rantai
Kendorkan mur as roda
belakang dengan kunci ring 14-17, lalu atur kekencangan rantai dengan
kunci pas 10-12. Jika telah di atur kekencangan rantai nya kencangkan
kembali mur as roda belakang.
7. Pembersihan
Spark Plug (Busi)
Buka spark plug dengan
kunci shock 16, lalu bersihkan dengan sikat kawat dan amplas, jika sudah
pasangkan kembali.
8. Pembersihan
Filter Karburator
Buka filter, lepaskan baut filter dengan obeng
(+), lalu semprotkan dengan air kompresor agar filter kembali bersih,setelah di
bersih kan pasang kembali.
9. Penyetelan
Handle Gas
Atur mur handle gas dengan kunci pas
10-12, lalu setel handle gas sesuai spesifikasi.
10. Penggantian
Oli
Buka baut oli dengan
kunci 14-17,lalu keluarkan oli dari mesin setelah habis semua. Tutup kembali
baut lalu buka tuangkan oli yang baru ke dalam mesin.
11. Pengecekan
Baterai
Meliputi sebagai berikut :
ð Pemeriksaan
tegangan baterai dengan avometer dengan standard 12V
ð Pengecekan
terminal baterai dari kotoran yang menempel pada terminal positive maupun negative
ð Pemeriksaan elektroda baterai
(PbSoO4) dengan menggunakan hydrometer
12. Pengecekan
Settingan Carburator
Atur sekrup langsam dan sekrup udara pada
Carburator.
Settingan Sekrup Udara dari
masing-masing tipe carburator :
ð BS
(Vacum) :
2 ¾ Putaran
ð TV
Konvensional :
1 ¾ Putaran
13. Test Drive (Uji Coba
Jalan)
Test drive dilakukan
setelah semua kegiatan tune up telah dilaksanakan, tujuan test drive adalah
memeriksa keadaan motor saat berjalan
B. OVERHAUL (Pemeriksaan)
a. Overhaul
cylinder head
ð Pengetopan
piston
ð Lepaskan
tutup klep
ð Lepaskan
tutup kepala busi, dan busi dengan menggunakan kunci shock 16
ð Lepaskan
Knalpot (mufler) dari cylinder head
ð Lepaskan
baut-baut pemasangan manifold pemasukan
ð Lepaskan
baut-baut yang pada sproket
ð Lepaskan
mur-mur penutup
ð Lepaskan
penutup kepala cylinder dan gasket
ð Lepaskan
baut pemasang kepala cylinder
ð Lepaskan
gasket,pin dowel
ð Lepaskan
poros rocker arm, dan rocker arm
ð Lepaskan
camshaft
ð Lepaskan
cotter (kuku macan) dengan kunci perkakas
ð Lepaskan
spring valve,sil klep,penahan
ð Jika
keseluruhan komponen telah terlepas, periksa keausan pada camshaft.
Ukur dengan alat micrometer
ð Bersihkan
kerak-kerak yang berada pada ruang bakar,lubang busi dan daerah sekitar klep
dengan sikat kawat dan bor
ð Periksa
kepala cylinder terhadap adanya perubahan bentujdengan mistar pengukur
kelurusan dan sebuah lidah pengukur
ð Pemeriksaan
pada permukaan rocker arm dari keausan atau kerusakan
ð Periksa
masing-masing klep terhadap keolengan
ð Lakukanlah
penyekiran klep,dengan amril dan selang karet lalu putar klep-klep terhadap
dudukanya. Kemudian lepaskan klepperiksa lebar dari masing-masing dudukan
klep,jika dudukan masih terlalu lebar atau sempit lakukan penyekiran kembali
hingga klep sesuai dengan spesifikasi
ð Penggantian
sil klep yang lama dengan yang baru.
ð Setelah
semua telah di lakukan pasang kembali komponen-komponen tersebut seperti semula
b. Overhaule
CVT (continuosly variable transmission)
ð Lepaskan
baut-baut yang ada pada box CVT dengan kunci T8
ð Jika sudah
terlepas semua,buka box CVT
ð Kemudian
lepaskan nut (mur) bagian sekunder,dengan kunci shock
17 dan rechet hendle
ð Setelah terlepas
pisahkan o ring, mur, cluth housing (rumah
kopling), cluth carier (kampas sentrifugal), spring secondary, seat secondary spring, secondary sliding shave, van belt, dan secondary fixed sheave comp
kopling), cluth carier (kampas sentrifugal), spring secondary, seat secondary spring, secondary sliding shave, van belt, dan secondary fixed sheave comp
ð Kemudian lepas
mur bagian primer
ð Setelah
terlepas,pisahkan masing-masing komponen yaitu,mur,
cluth one, cam,
roller/weight, primary sliding, slider,collar (bosh mangkok
CVT), sheave primary
ð Bersihkan semua
komponen-komponen tersebut dengan
bensin,kecuali cluth
housing (rumah kopling) amlas permukaan dalamnya lalu semprot dengan air
compressor
ð Setelah komponen
tersebut telah di bersihkan semua, pada
komponen primary
sliding sheave dan secondary sliding sheave di beri grease
ð Jika semua telah
di lakukan pasang kembali komponen-komponen CVT seperti semula
ð Pasang kembali
box CVT dengan baut menggunakan kunci T8
C. JADWAL
KEGIATAN
- 08.00 : BRIVING START
- 08.15 : START KERJA
- 11.30 : ISTIRAHAT
- 12.00 : MASUK KERJA
-15.45 : BRIVING FINISH
- 16.00 : SELESAI KERJA
BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN
D. KAJIAN TEORI
1.
SISTEM REM
a. Pengertian
Rem
merupakan salah satu bagian dari kendaraan yang mempunyai peran yang sangat
penting untuk kenyamanan dan keselamatan pengendara sepeda motor. Rem adalah
salah satu bagian kendaraan yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan atau
menghentikan kendaraan melalui gesekan antara sepatu rem dengan tromol dengan
mekanisme tertentu.
b. Prinsip
sistem pengereman
Prinsip
sistem pengereman adalah perubahan energi kinetik menjadi energi panas
dalam bentuk gesekan panas.
c. Macam-macam
Rem
Ada
dua macam sistim pengereman pada sepeda motor , yaitu :
1) Tipe drum (tromol).
2) Tipe disk (cakram).
Kedua-duanya
berputar bersama-sama roda. Masing-masing dilambatkan oleh gesekan rem atau pad
yang menekannya.
1) Rem
Tromol
Rem
tromol digunakan pada kendaraan tipe terdahulu, tetapi biasanya juga digunakan
untuk rem bagian belakang kendaraan. Rem tromol terdiri dari komponen rumah rem
/ drum dan kampas rem, cara kerja rem tromol adalah rem bekerja atas dasar
gesekan antara sepatu rem dengan drum yang ikut berputar dengan putaran roda
kendaraan. Agar gesekan dapat memperlambat kendaraan dengan baik, sepatu rem
dibuat dari bahan yang mempunyai koefisien gesek yang tinggi.
a) Prinsip kerja
rem tromol
1) Single leading shoe type(Leading-Trailing
Shoe Type)
Tenaga
pengereman dari pedal atau handle dialirkan ke bubungan rem melalui kabel atau
batang rem. Bubungan (seperti pada gambar.21) akan menggerakan sepatu (shoe) rem, yang selanjutnya bergesekan
dengan drum, untuk memperlambat putaran drum yang berhubungan dengan roda.
Sehingga putaran roda akan diperlambat.
Dengan
Konstruksi/posisi shoe (sepatu) yang demikian, maka leading shoe menghasilkan
gaya yang lebih besar daripada trailing shoe. Kenaikan gaya pada leading
shoe ini yang disebut “SELF ENERGIZING”.
2) Dual
leading shoe type
Perbedaan
dengan "Single Leading Shoe"
adalah pads tipe ini memakai dua buah "Bubungan rem". Dengan
gaya yang sama dari pedal atau handel rem, tipe ini akan memberikan gaya
pengereman yang lebih besar.
Karena
sistim ini menghasilkan gesekan yang paling penting pads komponenkomponen .
rem maka diperlukan meterial yang dapat menyalurkan panas dengan cepat.
Aluminium alloy adalah material yang mempunyai konduktivitas panas yang
tinggi. Dan juga sirip-sirip pendingninan (Cooling fins) pada hub dipergunakan untuk mempercepat proses
pendinginan.
b) Pemeriksaan
rem tromol
1) Tromol
rem
- Periksa
tromol rem terhadap kerusakan, dan ganti jika diperlukan.
- Ukur
diameter dalam tromol rem pada permukaan lining pada
beberapa tempat dan dapatkan ukuran terbesar.
Catatan :
Jika tromol rem
berkarat, bersihkan dengan amplas #120.
Memakai jangka
sorong untuk mengukur diameter dalam tromol. (gambar.23).
2) Ketebalan
brake lining
- Ukur
brake lining pada tiga titik (keduanya diujung dan ditengah-tengah)
- Ganti
sepatu rem sepasang jika ukurannya lebih kecil dari batas service yang
diijinkan atau jika kena grease
(gemuk).
Batas Service =
1.0 mm.
c)
Kelebihan dan kekurangan rem tromol
- Kelebihan
rem tromol
Rem
tromol digunakan untuk kendaraan yang memerlukan kerja ekstra dalam pengereman
- Kekurangan
rem tromol
Rem
tromol yang masih menerapkan sistem tertutup dalam prosesnya. Dengan
sistem ini membuat partikel kotoran pada ruang tromol tersebut. Jadi untuk
perawatan membersihkannya harus membuka roda agar rumah rem dapat dibersihkan
dari debu kotoran
Pada
saat banjir air akan mengumpul pada ruang tromol sehingga air akan menyulitkan
sistem rem untuk bekerja, jadi setelah rem tromol menerjang banjir, maka harus
mengeringkannya dengan menginjak setengah rem saat melaju sehingga bagian dalam
rem tromol kering karena panas akibat gesekan, setelah itu rem dapat digunakan
kembali.
2) Rem Cakram
Rem
cakram menjadi salah satu sistem pengereman modern terbaik pada sepeda motor
dan sangat ideal untuk diterapkan pada tiap sepeda motor, terutama yang telah
memakai mesin berkapasitas CC besar. Sistem kerja rem cakram adalah dengan
menjepit cakram yang biasanya dipasangkan pada roda kendaraan, melalui caliper
yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram.
a) Prinsip
kerja rem cakram
Tekanan
yang dipakai melawan handel rem atau pedal akan menggerakan piston di dalam
master silinder unit. Tekanan Hydraulic
fluida selanjutnya dialirkan melalui saluran (pipa) untuk menekan piston
capiler.
Piston capiler
akan kontak langsung dengan sisi belakang kanvas rem. Anti sequeal shims (plat
tipis) akan mengatur posisi normal antara piston dan kanvas rem. Pada saat yang
bersamaan, kanvas rem pada sisi yang berlawanan menekan rem, sehingga putaran
roda diperlambat.
Pada waktu
handel rem dilepas, tekanan hydraulic
menurun dan pad tekanannya berkurang pada disk (cakram).
Minyak rem,
piston master dan piston caliper
kembali seperti semula oleh tekanan pegas di piston master dan sil di piston caliper.
Ada "single push" caliper, kedua pad
menekan disk melalui reaksi "sliding
caliper yoke". Caliper tipe
ini banyak dipakai pada honda. Model terbaru memakai single push dengan dua piston.
b) kelebihan dan
kekurangan rem cakram
- kelebihan
Rem Cakram
Rem
cakram dapat digunakan dari berbagai suhu, sehingga hampir semua kendaraan
menerapkan sistem rem cakram sebagai andalannya. Selain itu rem cakram tahan
terhadap genangan air sehingga pada kendaraan yang telah menggunakan rem cakram
dapat menerjang banjir.
Kemudian
rem cakram memiliki sistem rem yang berpendingin di luar (terbuka) sehingga
pendinginan dapat dilakukan pada saat mobil melaju, ada beberapa cakram yang
juga dilengkapi oleh ventilasi
(ventilated disk) atau cakram yang memiliki lubang sehingga pendinginan rem
lebih maksimal digunakan.
Kegunaan
rem cakram banyak dipergunakan pada roda depan kendaraan karena gaya dorong
untuk berhenti pada bagian depan kendaraan lebih besar dibandingkan di belakang
sehingga membutuhkan pengereman yang lebih pada bagian depan
- Kekurangan
Rem Cakram
Rem
cakram yang sifatnya terbuka memudahkan debu dan lumpur menempel, lama kelamaan
lumpur / kotoran tersebut dapat menghambat kinerja pengereman sampai merusak
komponen pada bagian caliper seperti piston bila dibiarkan lama. Oleh sebab itu
perlu dilakukan pembersihan sesering mungkin.
B. TEMUAN STUDI
1. PENGGANTIAN KANVAS REM TROMOL HONDA BEAT
Lepaskan baut
pengunci roda, baut penyetel rem, dan baut as
Lepaskan as
roda, sehingga roda terlepas
Ambil bagian
backplate rem dan lepaskan sepatu rem dari backplatenya
Berikan grease
pada pegas rem dan bagian yang bersinggungan dengan sepatu rem(cam dan penahan
)
Pasanglah sepatu
rem baru
pasanglah roda
kembali
ket: Kanvas rem
menempel pada sepatu rem, jadi setiap mengganti kanvas rem juga mengganti
sepatu rem.
2. PENGGANTIAN
OLI SHOCK BREAKER DEPAN HONDA BEAT
Lepaskan baut
as, dan as roda
Lepaskan baut
pengunci kaliper rem, dan semua baut yang terikat pada sistem suspensi
Lepaskan baut
pengunci suspensi
lepaskan
suspensi dari dudukanya
Lepaskan tutup
suspensi dengan cara menekanya dengan obeng lalu melepas pengunci tutup
suspensi dengan menggunakan obeng standar
bersihkan tabung
suspensi dan pegasnya dari sisa oli dengan menggunakan bensin
Kemudian
keringkan tabung dan pegas suspensi
Isikan oli shock
breaker dengan volume tertentu ke
dalam tabung yang berisi pegas
Pasang tutup
suspensi dan penguncinya
Pasang semua
bagian yang di lepas diatas
Pasanglah roda
dan kencangkan
BAB IV
PENUTUP
.
A. Kesimpulan
CV
CENDANA GIRI adalah
perusahaan retailer sepeda motor
Honda yang telah berpengalaman melayani kebutuhan konsumen dalam hal unit
sepeda motor Honda, spare part dan perawatan. Yang memiliki outlet dan rata-rata konsumen merasa
puas dan percaya dalam pelayanannya.
CV
CENDANA GIRI juga membuka seluas-luasnya bagi siswa/siswi yang akan
melaksanakan program PKL dan menempatkan di hamper semua bagian yang ada di CV CENDANA GIRI
Waktu
pelaksanaan PKL sama seperti waktu para karyawan yang ada di CV CENDANA
GIRII mulai dari jam 08.00 s/d 16.00
kegiatan Prakerin dapat membuat siswa/siswi tahu dunia kerja dan dapat
mengalami bagaimana rasanya menjadi karyawan.
B. Saran
Dalam
menjalankan kegiatan PRAKERIN siswa jangan
merasa sebagai siswa tetapi harus menanggap sebagai karyawan sehingga kita
dapat menjalankan tugas penuh tanggung jawab.
Menjalankan
tugas Praktek siswa harus benar-benar dapat mencermati dan mengingat sedetail
mungkin sehingga ketika terjun sebagai karyawan ataupun membuka usaha jasa
perbengkelan dapat memuaskan dan dapat dipercaya oleh konsumen.
Sebelum
kegiatan PRAKEIN dimulai sebaiknya siswa harus benar-benar dapat kembali
mempelajaran materi pelajaran yang telah diajrkn di sekolah sehingga dalam PRAKERIN
tidak ada materi yang terlupa.
Casinos & Gaming Machines - JCM Hub
BalasHapusCasinos 제주도 출장샵 & Gaming Machines · Casinos & Gaming Machines · Jackpot Slots 이천 출장안마 · Slots Machines · 전라남도 출장마사지 Table Games 성남 출장샵 · Video Poker · Video Poker · 계룡 출장마사지 Video Gambling.